Senin, 07 Oktober 2019

PERTAMA KALI KONSULTASI DENGAN DOKTER GIZI ( DAN BOCORAN TIPS DIET)
PERTAMA KALI KONSULTASI DENGAN DOKTER GIZI ( DAN BOCORAN TIPS DIET)



Assalamualaikum Wr.Wb kebali lagi di blog sokocul blog terblog pokonya mah yah.

dalam postingan kali ini saya akan menceritakan pertama kali konsultasi kepada dokter spesialis gizi beserta tips dietnya.

Singkat cerita hari minggu tanggal 6 oktober 2019 kemarin saya ke dokter umum di gambir karena alergi dingin. sehingga saya bergegas pergi ke puskesmas Gambir karena BPJS saya terdaftar di puskesmas Gambir.

Setelah saya mengurus administrasi saya dipanggil kemudian dicek oleh dokter umum dan menceritakan keluhan saya baik tentang alergi dan ingin diet. akhirnya untuk masalah alergi saya diberi obat sementara untuk solusi ingin diet dokter umum tersebut merujuk saya ke dokter spesialis gizi yang ada besok jam kerja.

Esok harinya saya izin setengah hari ke kantor untuk melakukan check khusus beserta surat rujukan saya tunjukan kepada admin kantor agar dapat izin. sesampainya disana saya segera mengurus administrasi dan menunggu ditempat tunggu. akhirnya tiba waktunya saya dipanggil oleh dokter gizi.

Ketika saya masuk saya langsung disuruh duduk dan melihat wajah dokter yang cantik dan mungkin beda 2-3 tahunan dengan saya. kebetulan suasana ruangan disana sempit jadi jika ada pembicaraan akan terdengar. namun ya dari pada saya tutup tutupin lebih baik saya ceritakan.

akhirnya proses wawancara (pengumpulan data dokter) pun dimulai, mba dokter ni mulai mewawancarai saya dari pertanyaan makan dengan apa saja pagi siang ini dan kemarin makan apa beserta porsinya apa saja. dari sana sang dokter mendapat kesimpulan porsi makanan saya sehat atau tidak dan penyebab berat badan saya naik drastis (10kg).

alhasil dokter berkata :

"untuk makan itu ada kuncinya lihat tabel ini "





"Dengan rumus berikut kamu tidak akan naik dengan derastis.. yang bagus itu turun secara berkala. bukan dengan obat khusus yg dimana naiknya itu tidak akurat skrng turun drastis tapi lusa bisa naik drastis melebihi berat awal. dengan pola diet bahagia ini maka kamu bisa diet tanpa menyiksa"

"Pertama lihat makanan golongan I, disana adalah sumber karbohidrat pagi,siang,malam boleh pilih salah satu dari golongan I karbohidrat/gula tersebut tidak boleh 2 apalagi 3. contoh di golongan I : makan nasi + kentang atau nasi + mie contoh seperti ini dilarang dala rumus diet bahagia"

"Kedua lihat makanan golongan II, apabila golongan I sudah sesuai yakni 1 jenis saja, maka tahap selanjutnya memilah makanan golongan II. golongan II ini sifatnya lemak atau hewani. orang diet juga boleh makan lemak namun harus ada rumusnya yakni tetap harus 1 per jenis/golongan. contoh : Nasi (Gol I + Telur (Gol II/lemak) cukup. dan tidak boleh dua buah golongan II dalam satu menu misal : Nasi + Telor + Bakso"

"Ketiga lihat makanan golongan III, disini makanan golongan III juga harus 1 tidak boleh lebih dari 2"

"Keempat lihat pada golongan IV dan V yakni sayuran serta buah-buahan pada menu makanan harus dibanyakin"

"Jaga pola makan antara aturan makan biasa "pagi,siang,malam" dan waktu seling (waktu seling = waktu dimana lapar antara pagi dan siang atau antara siang dan malam). jika lapar ketika waktu seling maka makanlah buah-buahana atau minumlah jangan makan melebihi menu makan biasa yakni (pag,siang,malam).


Tips rahasia dari dokter spesialis gizi :

1. Biasakan setelah makan jangan dulu langsung tidur (santay dulu minimal 30 menit bisa duduk atau berdiri)
2. Biasakan kunyah makanan 20 x (hitung) agar nutrisi masuk ke lambung secara sempurna
3. Jangan makan gorengan (cek golongan II /lemak)
4. Olah raga rutin khususnya pemanasan dulu (bisa lari atau senam) jangan langsung situp/push agar lemak kebakar dulu.


sekian cerita diet saya semoga bermanfaat..

salam blogger Indonesia

Tell your story or question in the comments column bellow.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Phone :

+62 8132487775

Address :

Cityloft Apartement Sudirman
Jakarta Pusat

Total Tayangan Halaman

Followers