Selasa, 01 Oktober 2019

CUTI KULIAH DI SEMESTER AKHIR (KERJA SAMBIL KULIAH)
CUTI KULIAH DI SEMESTER AKHIR (KERJA SAMBIL KULIAH)




Assalamualaikum Wr Wb kembali lagi dengan sokocul blog. blogger tercurhat terjujur ter ter ter...

Pada kali ini admin akan membahas kisah bagaimana sih rasanya jika cuti kuliah disemester akhir ? apa saja yang digalaukan ? apalagi lagi kerja yang dimana proyek lagi banyak. ya semoga saja kisah ini menjadi pengalaman atau tolak pikir bagi kalian yang sedang mengalami masa yang sama..

Tepat 7 bulan lalu sekitar Januari 2018 saya resmi menjadi mahasiswa semester 6 dengan IPK ya masih diatas rata rata. namun keenjoyan (santai kuliah sambil kerja) itu berubah ketika negara api menyerang. ketika itu karena ada hal urgent tentang proyek yang banyak dan juga saya mengalami jenuh pada pekerjaan yang sedang saya alami di customer A. Maka saya dialihkan ikut project tersebut yang dimana project tersebut mayoritas diluar jabodetabek serta dengan timeline yang lama sekitar 3 sampai 4 bulan per satu project.

Ketika itu saya memutuskan untuk cuti karena daripada saya mengambil SKS dan membayar uang SKS tiap bulan sebanyak 1.5jt dan gagal akhirnya karena izin kuliah lebih baik saya cuti. untungnya saya punya teman yang banyak di kelas sehinggal mereka mau membantu proses cuti saya ketika saya sedang di Surabaya.

selama cuti saya hanya membayar uang cuti saja sebanyak 1.5jt satu bulan dan sisanya 5 bulan tidak usah membayar karena tidak mengambil SKS. memang terasa jika tidak kuliah perdompetan menebal dan keinginan foya-foya meningkat sehingga bisa dikatakan masa itu masa makmur namun tetap sempat terpikir teman sekelas/satu genk sudah semester 7 sementara saya masih semester 6. namun tidak apa apa karena saat itu plan saya jika agustus project beres maka saya akan langsung kuliah dan tidak akan ikut ke project luar kota (support area jabodetabek).

singkat cerita project fase 1 di Surabaya tersebut selesai dan saya kembali ke Jakarta, namun manager bilang bahwa sekitar bulan oktober saya akan ke luar kota lagi. disana saya bingung padahal plan awal saya akan kuliah dan kerja di jabodetabek saja. liburan 1 bulan di kampung halaman (Kota Bandung) serasa singkat karena terpikir masalah antara kerja dan kuliah. sempat terpikir bahwa saya harus resign dan segera mencari pekerjaan di kantor baru. sempat juga berpikir untuk aju banding ke manager agar saya ditempatkan di jakarta dan memohon 1 tahun meluluskan kuliah. namun kebetulan saat itu kebutuhan keluarga banyak sehingga saya tidak dapat resign dalam jangka dekat ini dan harus mengikuti alur yang ada. sehingga saya memutuskan untuk cuti lagi.


dengan pemikiran yang matang tepat hari senin (yang dimana masih libur harusnya) saya pergi ke kampus area Meruya dari Bandung untuk mengajukan cuti. proses pengajuan cuti tahap 2 ini agak sulit dari tahap 1 yang diwakilkan teman. karena cuti tahap ini terdapat peraturan dari kapordi bahwa tidak boleh cuti langsung (jadi harus ada jeda semester) misal semester 4 cuti maka semester 5 masuk dan semester 6 cuti. tidak boleh semster 4 dan 5 cuti langsung. sehingga saya disuruh membuat surat pernyataan cuti dengan materai 6000 yang menurut saya sih itu materai jika saya cuti lagi maka saya siap untuk di DO.


tanpa pikir panjang saya langsung mengajukan cuti tersebut sehingga total cuti saya sebanyak 1 tahun yang dimana seharusnya hari ini detik ini saya sedang membuat jurnal malah saya cuti dan harusnya tahun ini saya wisuda malah selang 1 tahun lagi. inilah namanya ujian mungkin banyak dosa saya sehingga ini Allah kasih sebagai ujian agar saya kembali mendekat padaNya.

akhirnya cuti tahap 2 di approve oleh kaprodi dan saya kembali bekerja. dan sialnya sudah 2 bulan saya di jakarta dan belum dikirim ke luar kota. karena manager saya yang tidak akurat dalam memplan jadwal team. manager saya bilang bahwa nanti saya akan berangkat perkiraan desember ke Cirebon sementara saat ini saya backup dulu di Jakarta karena tidak ada orang lama yang bisa handle di Pusat. disana saya merasa kecewa sampai detik ini saya sering memikirkan itu. kenapa saya cuti ? padahal kerja tidak keluar kota ? sia sia kuliah saya.... apakah saya orang gagal ? uang sudah habis sekitar 70jt untuk kuliah namun hasilnya gagal ?


Terkadang muncul dipikiran saya untuk pindah perusahaan namun belum juga ada yang confirm sampai saat ini. terkadang juga saya ingin mengajukan pindah kerjaan dan memohon untuk bertahan di jabodetabek selama 1 tahun ke perusahaan agar dapat meluluskan kuliah terlebih dahulu.. namun itu masih awal karena baru saja kuliah semester ini dimulai.


saat ini saya hanya bisa mengikuti alur dan akan beraksi ketika akhir desember..

pilihannya sebagai anak rantau sejati yakni :

1. resign > mencari kerja > dapat kerja > syukur
2. resign > mencari kerja > nunggu dipanggil sambil ngojek
3. perusahaan mengizinkan kita kerja di area jabodetabek

semua ini sudah Allah takdirkan, tinggal kita yang menjalankannya dan jangan lupa dekat dengan pencipta.

doakan admin semoga dapat lulus S1 kebetulan mimin baru usia 23 kemarin dan plan awal mimin lulus diusia 23-24an kemarin namun ternyata ngaret 1 tahun moga saja 24 atau 25 mimin sudah S1 doakan ya bro sist.. aamiin


kesimpulan :

1. Jika kalian mengalami masa seperti saat ini maka tanyakan pada atasan kalian untuk seberapa lama project tersebut.
2. Konsultasi dan koordinasi terus dengan manager kalian bahwa kalian sedang sambil kuliah
3. diusahakan jangan cuti karena kuliah itu mahal.





Tell your story or question in the comments column bellow.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Phone :

+62 8132487775

Address :

Cityloft Apartement Sudirman
Jakarta Pusat

Total Tayangan Halaman

Followers